Air Terjun Singsing (Buleleng) ~ BALI, VILLA & HOTEL

Air Terjun Singsing (Buleleng)


Identifikasi dan Daya Tarik
Pada waktu musim panas, volume air terjun relatif menurun. Jalan menuju air terjun yang sedikit mendaki merupakan kegiatan yang cukup menarik bagi yang menyenangi kegiatan trekking. Letaknya yang tidak jauh dari kawasan Lovina, bahkan dapat dicapai dengan jalan kaki dari Lovina, menjadikan obyek ini banyak dikunjungi wisatawan yang umumnya mereka yang tinggal di kawasan wisata Lovina. Tidak jauh dari air terjun Singsing ini, terdapat monumen yang dikenal dengan nama monumen Belanda. Monumen ini dibangun oleh pemerintah Kolonial Belanda untuk memperinati gugurnya seorang Perwira tentara Belanda dalam perang Banjar pada tahun 1868. Sekitar tahun 1956 menumen ini dihancurkan oleh karena dianggap menghormati penjajahan Belanda. Akan tetapi pada tahun 1992 monumen ini dibangun kembali oleh Pemda Kabupaten Dati II Buleleng dengan maksud bahwa sejaran tidak bisa dihapus, disamping monumen itu juga melambangkan kepahlawanan rakyat Banjar yang mampu menewaskan perwira tentara Belanda.

Deskripsi
Tidak ada petunjuk yang dapat dipergunakan bagaimana nama Singsing ini diperoleh. Namun masyarakat, demikian juga para pengunjung dan wisatawan menyebutnya air terjun singsing. Lokasi air terjun di daerah perbukitan memberikan pemandangan ke arah Utara hamparan pantai Lovina memberikan daya tarik yang cukup memikat.

Fasilitas
Terdapat fasilitas parkir yang dibangun dan diusahakan oleh Banjar setempat. Terdapat juga warung di tempat parkir yang menjual minuman. Meskipun jalan setapak menuju air terjun tidak dikeraskan namun jalannya cukup baik sehingga menambah suasana alamiahnya.

Lokasi
Air terjun Singsing terletak di Banjar Labuhan Haji Desa Temukus Kecamatan Banjar 3 km dari Lovina dan 13 km dari Singaraja. Untuk menuju obyek wisata ini dapat dicapai dengan kendaraan bermotor sampai jalan jurusan ke desa Tigawarsa. Suatu tanda penunjuk arah menunjukkan jalan yang harus diikuti dengan berjalan kaki sepanjang lebih kurang 600 meter untuk sampai kepada air terjun yang pertama. Untuk mencapai air terjun kedua yang letaknya lebih tinggi harus melalui jalan yang terjal.

Kunjungan
Wisatawan baik Nusantara maupun mancanegara banyak mengunjungi air terjun ini karena suasananya yang tenang, alami dan untuk kesegaran jasmani.